Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

MISTERI DILAILA - VERSI 1 (2019)

Misteri Dilaila tampil begitu menghebohkan sebab memiliki dua versi dengan alternate ending yang berbeda, menghasilkan 8,8 Juta RM (sekitar 30,7 Milyar Rupiah). Tentu, sebuah prestasi yang membanggakan berkat keputusan sang sutradara, Syafiq Yusof (Desolasi, Abang Long Fadil, KL Special Force) yang turut serta merangkap sebagai penulis naskah dalam hal "pendapatan". Namun apakah semuanya setara dengan kualitas yang dihasilkan?

Jawabannya tidak. Warga Malaysia boleh saja memuji pula bangga akan filmnya, bagi saya pribadi, Misteri Dilaila jauh dibandingkan dengan Kala (2007) arahan Joko Anwar yang mengesankan itu, saya belum menyebut Pintu Terlarang (2009) maupun Belenggu (2012) yang masing-masing menghasilkan sebuah kesan mindblowing pasca menontonnya. Di luar isu plagiarisme yang menerpa filmnya akibat narasi sama persis dengan Vanishing Act (1986). Misteri Dilaila justru tampil lemah, mengenyahkan logika hingga konklusi yang serba mendadak merusak esensi filmnya yang terbilang menarik ini.

Semua bermula kala Jefri (Zul Ariffin) dan sang istri, Dilaila (Elizabeth Tan) mengunjungi villa warisan mertua Dilaila dengan tujuan berniat menghabiskan waktu bersama. Hari pertama kedatangan mereka menyulut sebuah pertengkaran-yang kemudian membuat Jefri harus tidur di sofa. Begitu ia terbangun, ia dikejutkan dengan menghilangnya sang istri dari villa tanpa jejak pula petunjuk yang pasti.

Dilanda kepanikan, Jefri kemudian melapor kejadian tersebut kepada Inspektur Azman (Rosyam Nor), tak berselang lama, Jefri kemudian mendapati datangnya seorang Ustaz bernama Aziz (Namron) yang mengatakan kepadanya bahwa sang istri menginap di tempat tinggalnya-yang kemudian disusul dengan kedatangan seorang wanita (Sasqia Dahuri) yang mengaku sebagai Dilaila.

Mengelak percaya karena perbedaan wajah, Jefri bersikukuh bahwa wanita (selanjutnya dipanggil Dilaila II) tersebut hendak menipunya. Dari sini, ketertarikan untuk mengikuti kisahnya semakin memuncak kala tak ada satupun orang yang mempercayai Jefri, bahkan sang adik ipar, Farid (Mas Khan) pun turut mengakui Dilaila II adalah kakak kandungnya. Timbul pertanyaan seputar siapa sebenarnya jati diri Jefri? Apakah ia adalah sosok yang hilang kewarasan ataukah target dari rencana terstruktur?

Syafik Yusof memang piawai memainkan tensi guna merenggut atensi penonton agar terikat oleh guliran kisahnya, pun terkait pengadeganan-ia terapkan teknik mask transition (transisi adegan dengan objek bergerak) yang mengindahkan kuantitas filmnya-di samping lokasi pula perabrotan yang mendukung penuh penceritaan, Misteri Dilaila boleh saja unggul dengan segala kuantitas miliknya, meski harus saya akui kualitasnya tampil tak seberapa, terlebih kala Yusof memasukkan unsur horor dengan jumpscare mendadak (yang sejatinya nihil substansi) lengkap dengan scoring pemekik telinga.

Terlebih, semua tampak mengesalkan pasca mendapati naskah yang terlihat menggiurkan itu tampil begitu hambar akibat cacat logika, dialognya sendiri tampil dangkal, jangan kaget jika anda mendapati sekuen teriak keras pula rengekan dari Jefri kepada Inspektur Azman yang kerap menimbulkan sebuah kejemuan, untungnya para pelakon tampil cukup meyakinkan, Zul Ariffin dengan pembawaan berkharisma dan sadar betul bahwa ia tak berada dalam tontonan yang serius, sementara Rosyam Nor tampil unggul dengan dialog sarkasme miliknya.

Narasinya tampil berantakan-meski harus diakui pace ceritanya berjalan padat (total durasi hanya 81 menit). Repetisi kekukuhan Jefri hingga ketidakpercayaan Inspektur Azman kerap diulang, belum lagi karakter pendukung lainnya yang hanya sebatas melengkapi-demi menghasilkan sebuah kejutan yang menohok di samping hasil akhirnya yang terlampau menggampangkan.

Konklusinya sendiri teramat menyepelekan pengisahana, kala masing-masing karakter menampilkan sebuah ketidaksengajaan yang terstruktur, Identitas Dilaila II pun tampil begitu menggelikan. Tak sampai di situ saja, kejanggalan terus dipertahankan-yang kemudian memaksa saya memperhitungkan sebuah logika. Hasilnya adalah sebuah sajian yang memaksa demi terciptanya sebuah twist yang sejatinya jauh dari kesan mengesankan.

SCORE : 2.5/5

Posting Komentar

0 Komentar