Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

LIFE (2017)

Jika mendengar film yang mengambil setting in the outer space, justru yang ada dibenak kamu adalah sebuah film yang mencoba menampilkan sebuah misi penelitian terkait bumi ataupun benda lainnya, ya, memang benar film ini pun demikian, lalu bagaimana jika dibumbui dengan bumbu horror a la "alien"? Life mencoba peruntungannya untuk membuat sebuah sajian film akan seramnya dunia luar angkasa lengkap dengan berbagai resiko dan tentunya alien.

Enam awak kapal di stasiun luar angkasa tengah mengembam suatu misi terkait sebuah penelitian adanya sampel kehidupan di Planet Mars, mereka diantaranya adalah Dr.David Jordan (Jake Gyllenhaal), Dr. Miranda North (Rebecca Fergusson) dan juga Rory Adams (Ryan Reynolds) misi itu ditengarai dapat membuktikan keberadaan makhluk extraterrestrial, salah satunya untuk meneliti organisme yang kemudian di beri nama Calvin yang berupa tentakel kecil. Bahaya datang tatkala Calvin perlahan mulai tumbuh dan berubah menjadi monster yang ganas dan siap memangsa awak kapal secara kejam.

Setelah kamu membaca sinopsis di atas, memang terkesan ironis memang, mengambil sub judul Life (kehidupan) tapi banyak menampilkan adegan Death (Kematian). Sederhana saja cerita gubahan Rhett Reese dan Paul Wernick yang sudah terbilang familiar untuk membangun sebuah ketegangan kelas wahid, namun apakah semuanya itu berhasil? Setelah kamu melewati opening sequence yang dijejali oleh dialog naskah sains yang berat, untuk membangun sebuah tahapan kekejaman memang terasa sedikit lambat, namun semua itu tak terasa mengganggu karena Daniel Espinosa cukup lihai untuk menyeret penonton menyeruak masuk ke dalam sebuah research penelitian yang awalnya terlihat remeh namun nyatanya mematikan. Serangan monster berupa bayi alien yang melayang lengkap dengan tentakelnya memang terdengar tak seperti kejam, namun siapa sangka lewat makhluk yang dibilang imut itu ia mampu membuat tensi ketegangan yang cukup maksimal.

Berbicara mengenai kualitas CGI memang "Life" bisa dibilang biasa, tak menawarkan sebuah view yang mewah layaknya di film Passenger maupun Gravity, Life masih berada dibawah film tersebut. Espinosa memang cukup oke dalam membangun sebuah aksi kekejaman yang mematikan lewat perantara alien, namun lain halnya dengan karakter, kita tahu karakter disini memegang predikat "Dr" dan juga gelar terpilih, namun terasa konyol tatkala orang dengan predikat itu menampilkan aksi ceroboh yang memang terasa bodoh, entah itu rasa ingin tahu yang tinggi ataupun tuntutan naskah, nyatanya karakter disini terbilang lemah dibalik performa pemain kelas wahid yang memikat, dan sangat disayangkan sekali porsi Ryan Reynolds tampil sedikit disini.

Seperti yang saya bilang tadi, Espinosa memang lihai membangun tensi kekejaman dibalik cerita sederhana yang familiar dan kurangnya pesona karakter. Ia mampu melakukan adegan gerak cepat yang memikat menjelang ending yang mampu menahan napas penonton untuk menyaksikannya dan kemudian ditutup secara paksa lewat sebuah ending who will make some people will love it, and some people will hate it.

SCORE : 3.5/5

Posting Komentar

0 Komentar