Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

REVIEW : MISTERIUS (2015)

Menonton film ini serasa menonton film arahan JAMES WAN, INSIDIOUS. Mulai dari plot cerita sampe inti cerita persis, ya, mungkin plot film horor yang mengangkat tentang kisah paranormal dan ujung-ujung nya pengobatan atau pengusiran arwah, persis seperti film THE CONJURING arahan JAMES WAN. Ya, mungkin sang sutradara terinspirasi dengan film booming arahan JAMES WAN yang selalu menduduki peringkat NUMBER WAN, atau mungkin juga sang sutradara ingin mengurangi kesuksesan film Wan, ya, hanya dia dan Tuhan lah yang tahu.

Misterius menurut saya mempunyai cerita yang biasa umumnya film horor tentang pengusiran arwah roh jahat yang menuntut dendam atas kematiannya. Ya, memang terkesan dangkal, tapi jika sang sutradara menggarapnya sedemikian apik dengan menambahkan bumbu-bumbu dan racikan yang berbeda, maka film ini setidaknya bisa sejajar dengan film THE CONJURING yang mengangkat plot dan tema yang sama seperti film ini.


Scoring film ini cukup menegangkan tapi tak bisa membuat bulu kuduk berdiri tegak, ya, melihat adegan orang kesurupan seperti melihat adegan orang sedang main dugem dan nge DJ, cuma angguk-angguk kepala keatas, kebawah, kesamping. Ya, memang terasa kurang, sang sutradara tak menambahkan adegan kesurupan yang menegangkan, seperti misalnya korban kesurupan melayang dan semakin menjadi-jadi dengan tambahan teriakan dan jeritan yang keras. Ya, itu mungkin kesalahan yang sulit untuk dibilang cukup kecil. Juga hantu yang ditampilkan minim dengan make up yang tebal, dan jajaran pemain juga mungkin terasa asing di telinga, ya terlihat jelas film ini adalah film berbudget kecil.


Akting para pemain menurut saya entah kenapa terasa datar, tak semisterius judulnya, juga konflik yang ditampilkan entah kenapa gampang di ungkap, pokoknya misterius tak menampilkan cerita yang misterius, ya itu memang kesalahan kedua, seharusnya dalam sesi ini sutradara mampu memberikan sentuhan-sentuhan misterius sehingga membuat penooton menerka-nerka dan menebak apa sebenarnya yang misterius di film ini sehingga membuat penonton betah duduk di depan layar film ini. Untungnya nuansa gelap di film ini terasa.


Bersetting di Bondowoso, Jawa Timur, 1989, tentang sebuah keluarga yang diteror hantu berkerudung dan mengeluarkan darah. Belakangan terungkap kejadian yang menimpa Lestari (Sofia Adios) dan anaknya Wulan (Efritha Belliana) yang kerap di hantui hantu berkerudung. Ternyata, hantu tersebut adalah hantu Sumiati (Lia Waode) yang tak lain adalah pegawai bu Lestari. Sumiati menjalin cinta dengan anak bu lestari, Agus (M. Iqbal). Sumiati hamil, dan Agus menyuruhnya menggugurkannya, sumiati pun menggugurkan kandungannya dengan alasan akan dinikahi agus, namun agus tak kunjung datang. Sumiati pun bunuh diri. Dan hantu sumiati meneror untuk meminta pertanggung jawaban dan menuntut balas.
Agus pun kerasukan dan tak sadarkan diri, lalu datang pak Gozali (Ayub Darjam) yang membantu keluarga bu lestari.

Sangat dangkal, ya plot film ini memang dangkal dan ditambah asal usul sumiati yang ternyata mempunyai susuk, ya, penambahan tesebut memang terasa dipaksakan menurut saya hanya memperburuk film ini.
Overall, MISTERIUS tak se misterius judulnya, plot yang di tampilkan terkesan biasa, dan diperkeruh dengan penggarapan yang seadanya.

SCORE : 1/5

Posting Komentar

1 Komentar