Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

UDTA PUNJAB (2016)

Narkoba yang pastinya bukan Narik Kolor Bapak, adalah sebuah benda haram yang kini kerap masih banyak di konsumsi dan dijadikan sebagai bisnis gelap oleh pihak-pihak tertentu, bagaimana kaukalitas dari mengkdeskripsikan sekaligus mengkonsumsi narkoba yang membuat kecanduan para pecandu, bagaimana akibat dari bisnis gelap dari selundupan narkoba memang sudah jelas hukumnya, baik itu secara fisik atau mental maupun hukuman dari pihak berwenang. Hal ini digunakan oleh Abhishek Chaubey untuk mencoba mendeskripsikan sekaligus menyuarakan kepada para penonton. Udta Punjab When a migrant laborer, a rock star, a doctor and cop possibly in one connection fighting the menace of drugs in their own way.

Punjab,negara bagian Hindustan yang kala itu seperti Negara Mexico menyorot empat karakter, di satu dimensi, Tommy Singh (Shahid Kapoor) seorang rocker yang tak bisa lepas dari narkoba, Pinky (Alia Bhatt) seorang imigrant asal Bihar yang mantan seorang pemain Hockey dan kini terpaksa berhenti dan bekerja di ladang, suatu hari ia menemukan paket narkoba dan nekat menjualnya demi uang, namun bukan untung yang ia dapat, ia malah buntung, ditangkap suplier narkoba dan diperkosa serta dibuat kecanduan terhadap narkoba. sedangkan di satu dimensi yang lain, Sartaj (Diljit Dosanjh) seorang polisi yang awalnya menerima uang suap atas penyelundupan narkoba, dan kini menyatakan perang terhadap narkoba setelah kejadian sang adik yang ternyata jadi pecandu narkoba. Preet (Kareena Kapoor Khan) seorang aktivis anti narkoba dan dokter rehabilitasi narkoba. Keempat karakter diatas berada pada dua dimensi berbeda tetapi dalam satu koneksi, yakni berjuang melawan Narkoba.

Abhishek Chaubey yang merangkap sebagai penulis naskah yang kemudian dibantu oleh sokongan dialog yang begitu kasar dari Sudip Sharma berhasil menyajikan sebuah kultur sosial yang kini masih marak terjadi menjadi sebuah film yang begitu keren. ia berhasil membuat penonton terkesima dengan karyanya sekaligus takut terhadap rasa sakit yang ia berikan kepada karakter, terutama Alia Bhatt yang jelas adalah kekuatan film ini, ia berhasil menjadi sebuah karakter yang begitu kuat serta menarik empati serta simpati penonton. Shahid Kapoor, Diljit Dosanjh serta Kareena Kapoor Khan juga tak kalah keren, meskipun tameng utama terdapat pada Alia Bhatt. Adegan per adegan berhasil Chaubey dengan tanpa basa basi, ia langsung to the point ke intrik utama, namun ia tak kehilangan pamornya, karena semua karakter dibekali dengan latar belakang yang berbeda dan dihadapkan pada masalah yang sama, yakni narkoba.
Yang menarik dari film ini adalah bagaimana Chaubey bermain dengan latar belakang karakter yang berbeda, ia mampu membuat empat karakter itu saling berhubungan satu sama lain meskipun dalam koneksi yang berbeda, bagaimana karakter terjebak dalam masalah yang kian menderapnya serta menggerogotinya untuk menuju kata 'bebas' dibalik belenggu yang kian mengikat mereka, bagaimana mereka menjalani kehidupan serta bagaimana mereka meraih kata 'nyaman' berhasil dideskripsikan oleh Chaubey. Tak tanggung-tanggung cukup sampai disitu Chaubey juga membuat adegan peradegan terlihat real mulai dari korban perkosaan, suntik- menyuntik, perkelahian, serta rasa bersalah yang dialami karakter semuanya keren, tak sampai itu ia juga berhsil menyentil sampai menonjok penonton dengan pesan yang biasa tapi kuat. Salut buat Abhishek Chaubey serta para karakter, pokoke two thumbs up!....

Music arahan Amit Trivedi juga ikut larut dalam adegan, seperti ikk kudee dan chitta vey dan lokasi juga mendukung film ini, meski jauh dari kata glamour nan mewah. I REALLY LOVE THIS MOVIE.

Overall, Udta Punjab sebuah film dengan karakter yang kuat, script yang kuat serta penggarapan yang mumpuni.


Posting Komentar

0 Komentar