Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

THE HUNGER GAMES: MOCKINGJAY PART 2 (2015)


Seri terakhir dari The Hunger Games!!! Sempat terbesit didalam dan penuh tanda tanya di dalam hati, bagaimana Francis Lawrence mengakhiri semua ini? Apakah akan seburuk part 1 ataukah Lawrence menampilkan sebuah sajian penutup yang begitu dahsyat?

Melihat Peeta (Josh Hutcherson) yang dicuci otaknya oleh Capitol supaya terus memberontak dan membencinya ketika sedang dirawat di distrik 13, Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) memutuskan usaha untuk menjatuhkan Presiden Snow (Donald Sutherland) dari tahta harus segera dilaksanakan. Katniss meminta Presiden Coin (Julianne Moore) untuk terjun ke distrik-distrik dan berusaha menyebarkan usaha pemberonakan melawan Capitol. Tujuan Katniss dan tim yang ada didalamnya Gale (Liam Hemsworth), Finnick (Sam Claflin) dan Cressida (Natalie Dormer) adalah distrik 2, titik terdekat menuju Capitol, misi mereka hanya satu, membunuh Snow.

Membuat sebuah seri final memang bukan perkara yang mudah, Lawrence juga harus menjawab semua rahasia dari seri pertama, dan memberikan sebuah resolusi akhir dari perjuangan Katniss, apakah akan berhasil atau gagal. Namun sepertinya Lawrence mulai keras kepala, ia seperti kehilangan kontrol untuk menampilkan sebuah sajian final yang akan menjawab rahasia dibalik apa sebenarnya yang terjadi dan menambahkan sebuah sajian dramatis didalamnya, buanglah jauh-jauh semua harapan itu. Lawrence memang kekeh dengan atensi yang ia andalkan, namun hanya atensi itu malah membuat kerusakan.

Lewat naskah yang kembali ditorehkan oleh Danny Strong dan Peter Craig ini masih terlihat kurang matang. Memang harus saya akui seri final kedua ini lebih ada sedikit kemajuan dibanding seri pertama, namun tetap masih ada kekurangan sana sini.
Lawrence juga sepertinya ragu menampilkan sisi dramatisasi, misalnya kematian adik Katniss, Prim. Entah kenapa moment itu tak dimanfaatkan, padahal sebenarnya momen itu akan menjadi sebuah pergolakan batin yang dahsyat di dalam diri Katniss, namun sayang Lawrence tidak meniliknya sama sekali.

Hal terbodoh yang ditampilkan Lawrence ialah ia hanya seolah bermain-main dengan seri final ini. Begitu banyak hal yang harus dijawab difilm ini, salah satunya adalah kisah cinta segitiga antara Katniss, Gale dan Peeta, namun sepertinya semua itu juga tak dilirik sama sekali oleh Lawrence.
Dan yang paling saya kecewa adalah ending film yang begitu di gantung dan penuh tanda tanya, apakah mungkin masih ada prekuel atau apalah, seharusnya semua pertanyaan itu terjawab. Namun meskipun kecewa dengan ending film ini, franchise The Hunger Games akan tetap menjadi film dystopian yang menjadi film favorit saya. Meskipun harus menelan ludah, namun saya lega melihat ending film ini yang jauh dari ekspetasi.

Overall, The Hunger Games Mockingjay Part 2, sajian penutup yang jauh dari ekspetasi dan penuh tanda tanya dibalik berakhirnya series film ini.



SCORE : 2.5/5

Posting Komentar

0 Komentar