Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

KAHAANI (2012)

Bisa di bilang Kahaani adalah sebuah film different from others di era-nya, maklum saya telat dan baru kemarin menonton film ini. Bermain dengan sebuah thriller dengan karakter yang bisa di bilang menarik adalah salah satu keunggulan film ini serta dengan memadukannya dengan sebuah pertanyaan klasik "how far would you go for someone love" that's Kahaani.

Seorang wanita yang tengah hamil tua bernama Vidya Baghci (Vidya Balan) datang ke olkata dari London dengan tujuan mencari sang suami yang mendadak menghilang saat tengah menjalankan bisnis di Kolkata. Dibantu oleh seorang anggota kepolisian setempat, Rana (Parambrata Chatterjee), Vidya terus berusaha mencari keberadaan sang suami. Tapi anehnya, pencarian yang ia lakukan selalu nihil dan tak ada seorangpun disana yang tahu tentang keberadaan sang suami, termasuk kantor tempat ia bekerja. Ditengah pencarian yang dilakukan, Vidya dan Rana justru terseret kedalam kasus pencarian seorang teroris bernama Milan Damji. Bukannya menghindar demi keselamatan, Vidya justru bertekad menemukan Milan Damji yang ia yakini apabila ia menemukan Milan Damji, maka ia akan menemukan sang suami.

Diluar dugaan Kahaani tampil ke arah a la film thriller buatan Hollywood, meski pola nya sudah sering di pakai oleh sineas Hollywood, namun nuansa kental khas Bollywood sendiri masih di pertahankan oleh film ini, seperti pemujaan Dewi Durga Puja yang mungkin mengandung sangkut paut dengan kisah film ini sendiri. Kisahnya berjalan dengan menarik meski tidak pernah sampai pada taraf yang luar biasa tapi setidaknya kejutan yang ditampilkan oleh film ini sangat enak untuk dinikmati dan diikuti meski memang pada dasarnya berjalan dengan standar layaknya film-film thriller pada umunya, sepanjang durasi dua jam lebih dua menit, kita akan di bawa pada sebuah penyelidikan yang menarik, momen yang terkadang cukup menegangkan termasuk beberapa adegan kejar-kejaran dan digarap begitu apik dan rapi dan mampu membuat penonton betah ikut lebur dalam penyelidikannya walaupun harus duduk selama dua jam lebih.

Walaupun muncul sebagai sebuah thriller yang tidak terlalu menawarkan sebuah inovasi baru, tapi film ini seperti yang saya utarakan tadi, memiliki berbagai macam keunikan, salah satunya di sektor karakterisasi. Kita lihat sang karakter utama tengah hamil tua dan ia berjuang melawan sebuah bahaya yang sedikit demi sedikit membawanya ke jalur yang membahayakan dirinya ke jalur kematian serta yang saya suka konspirasi dan intrik dari antar karakter begitu oke dan kuat meski kita tahu semuanya akan terjawab di segmen akhir, Lalu bagaimana dengan twist-nya? Banyak yang bilang bahwa twist akhir yang ia tampilkan mirip dengan film Hollywood, tetapi saya belum pernah melihat sebuah twist dari film Hollywood yang sama dengan film ini. Sebuah twist yang mungkin tidaklah "megah" tapi cukup cerdas dan tak mudah ditebak dan itu semua tak lepas dari performa pemain, terutama Vidya Balan.

Overall, Kahaani atau yang bisa di artikan Kisah adalah sebuah film yang memuaskan, memang terdapat sebuah scene yang bisa di bilang lambat, namun itu semua tak mengganggu jalur film ini sebuah film yang bisa di bilang menarik, meskipun tak menawarkan sebuah inovasi yang baru. Thanks to Sujoy Ghosh selaku sutradara.


SCORE : 4/5

Posting Komentar

0 Komentar