Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

REVIEW : APARTMENT 1303 (2012), ABANDONED MINE (2012)



APARTMENT 1303 (2012)

Memang bukan sebuah trik yang terbilang baru yang di usung film ini, trik haunted house memang banyak di buat oleh para sineas hollywood, sebut saja The Conjuring dan Insidious yang sangat sukses, rupanya trik itu di ulang kembali oleh Michael Taverna, memadukan sebuah sajian horor dengan embel-embel rumah angker, tapi di film ini ia cukup menggantinya dengan sebuah apartment angker.

Janet (Julianne Michelle) memutuskan untuk pindah dan menetap di sebuah Apartment, tepatnya di Apartment 1303 karna alasan sebuah study-nya dan juga keluarganya yang tak berjalan harmonis. Namun naas, Janet tewas jatuh dari balkon dengan mengenaskan, keadaan tersebut memaksa sang kakak, Lara (Mischa Barton) dan Mark Taylor (Coret Sevier) pacar Janet, untuk menyelidiki apa sebenarnya yang terjadi di Apartment 1303 itu dan apa motif di balik tewasnya Janet yang belakangan di duga bunuh diri.


Hal terbaik yang dilakukan Michael Taverna adalah di paruh awal film ia mampu membuat penonton bertanya-tanya dengan menampilkan ambiguitas, misalnya hadirnya gadis misterius sekaligus tetangga Janet di Apartment bernama Emily (Madison McAleer) yang membuat penonton mungkin bertanya-tanya sebenarnya siapa dia?. Ya, memang langkah yang bagus untuk sebuah paruh awal film.

Namun sayang, sifat ambiguitas yang ditampilkan film ini perlahan pudar dan membuat penonton berada di titik jenuh, Taverna tak mampu mempertahankan eksistensinya untuk membuat penonton betah di depan layar, beragam adegan yang tak perlu dan mengganggu mulai ia masukan sampai twist yang terkesan dipaksakan. Rupanya keegoisan Taverna untuk menggarap sebuah film haunted house yang di adaptasi dari cerita asal jepang yang di tulis oleh Kei Oishi hanya membuat film ini jatuh ke lubang yang dalam yang membuat film ini kehilangan eksistensi dan berada pada jurang kematian. Juga, kesalahan fatal yang kembali di lakukan Taverna ialah ia enggan memberikan sebuah teror hantu yang seram, ia malah berada di zona pertengahan antara aman dan tidak aman.

SCORE : 2.5/5

ABANDONED MINE (2012)

Sama seperti trik yang digunakan film di atas, trik yang sudah lazim di gunakan oleh para filmmaker, dengan memasukan unsur Hallowen. Sudah tak terhitung memang film yang mengangkat premis yang sama, sebut saja Hallowen dan Grave Hallowen. Namun kali ini Jeff Chamberlain selaku sutradara memodifikasinyadengan menambahkan bumbu adventure young adults serta mystery.

Sekelompok anak muda yang terdiri dari Brad (Reiley McClendon), Jimmy (Adam Hendershot), Sharon (Alexa PenaVega), Laurie (Saige Thompson) dan Ethan (Charan Prabbaker) berencana menghabiskan perayaan Hallowen dengan mengunjungi sebuah tambang yang dikenal angker dan banyak memakan korban, Tambang Jarvis. Awalnya hanya sekedar main-main, namun mereka sadar ternyata ada bahaya yang mengincar nyawa mereka.

Memang bukan sebuah film dengan premis hallowen yang bisa dibilang berhasil, plot film ini memang biasa dan predictable, ya, memang Chamberlain memasukan twist ditengah cerita, namun twist itu hanya sekedar pelengkap saja tak lebih, ia gagal membuat sebuah teror yang membuat penonton bermain dengan nafas, ia malah menyajikan sebuah petualangan biasa yang terkesan di paksakan dan manipulatif.

SCORE : 2/5

Posting Komentar

0 Komentar