Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

FIRST REFORMED (2018)

First Reformed berbicara mengenai keadaan spiritual seorang Pastor bernama Ernst Toller (Ethan Hawke) mantan seorang pendeta militer yang mencoba menemukan kembali hidupnya pasca membaca Katolik Roma (Thomas Merton dan G.K. Chesterton) dan buku-buku mistis (The Cloud of Unknowing). Arahan spiritual baru ini menuntunnya untuk mencari dukungan dari gereja raksasa karismatik terdekat, Abundant Life. First Reformed adalah sebuah gereja di Snowbridge, New York yamg kini memasuki usia 250 tahun dengan beragam kisah di dalamnya.

Toller memang seorang yang paling diandalkan kala jemaatnya mencari sebuah rekonsiliasi, tak terkecuali Mary (Amanda Seyfried) yang mengutarakan masalah terkait sang suami, Michael (Philip Ettinger) seorang radikal-lingkungan yang menyuruh Mary untuk mengarborsi janin yang dikandungnya. Toller selalu menenangkan hati Mary lewat petuahnya,-namun tidak dengan kehidupannya sendiri. Toller hanya bisa menuliskan semuanya lewat sebuah jurnal yang dalam setahun ia musnahkan.

Mengedepankan sebuah studi-karakter, Paul Schrader (Taxi Driver) yang turut pula merangkap sebagai penulis naskah memfokuskan kita untuk menyelami masalah psikis sang Pastor di balik sebuah nama serta kehormatan yang dimilikinya. Toller seperti manusia lainnya yang tak sempurna, terjerat sebuah kejadian masa lalu terkait tewasnya sang putra di sebuah perang Irak hingga membuatnya terus dihantui rasa bersalah. Pun ia kesepian tanpa seorang pendamping hidup.

Terinspirasi dari karya Pawel Pawlikowski, Ida (2013) yang juga mengangkat tema serupa plus menggunakan aspek ratio 4:3 dalam penggunaan layar, taktis First Reformed pun dibungkus lewat alur yang berjalan pelan dengan kesubtilan khas film arthouse. First Reformed adalah sebuah karya jujur yang sederhana, pelan tapi pasti membawa kita pada sebuah kisah reformasi beserta iklim dunia yang tergambar secara indah pula memikat kala sebuah adegan memainkan sebuah neorealisme, memasuki dunia khayal sembari terikat sebuah keintiman.

Keterkaitan kisah spiritualisme dengan perubahan iklim semakin kuat kala Scradher menyodorkan sebuah perayaan abad keseratus gereja First Reformed yang kali ini disponsori Abundant Life, sebuah perusahaan industri milik Edward Balq (Michael Gaston). Toller sempat berdebat dengan Balq terkait perubahan iklim yang secara tak langsung mempengaruhi lingkungan, pula kepengurusan Kristen. Ini yang digunakan Scradher untuk menyentil sebuah kejadian masa kini kala agama turut dicampuri masalah politik maupun industri yang sama sekali tidak relevan kala disandingkan.

Kepekaan Schrader dalam membungkus tiap pengadeganan kian terpatri kala ia turut memasukan nyawa tersendiri terhadap karakternya. Ethan Hawke sempurna mewakili kegundahan seorang Pastor yang seperti manusia biasa di balik cap masyarakat terhadap hidupnya yang sempurna. Sementara Amanda Seyfried mampu menjadi sebuah media bertukar pikiran pula hati terhadap kegundahan keduanya yang secara tak sengaja saling mengisi pula mengobati.
First Reformed adalah sebuah studi-karakter yang mengikat penontonnya untuk menyikapi beragam permasalahan, khususnya ruang lingkup sang Pastor yang mencoba melebur dosa terkait ketidaksempurnaan yang dimilikinya. Ditemani iringan musik khas milik Lustmord, serta bidikan kamera seorang Alexander Dynan, taktis First Reformed adalah sebuah pengalaman sinematik yang mampu mengikat mata pula hati terkait sebuah pertanyaan yang terpatri dalam diri mengenai sebuah kepercayaan terhadap sang Illahi.

SCORE : 4/5

Posting Komentar

0 Komentar