Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

BERANGKAT! (2017)


Berangkat! garapan sutradara Naya Anindita menempatkan sebuah road trip beserta para sahabat yang kemudian dilatarbelakangi perbedaan dan tujuan masing-masing. Joana (Ayushita Nugraha) yang hendak menyelesaikan penelitian geologinya, Dika (Ringgo Agus Rahman) merasa perjalanannya akan menyenangkan sembari menangkap gambar pemandangan yang menjadi favoritnya dan juga Jano (Tarra Budiman) yang terpaksa pergi paca diberikan tiket konser oleh Kayla (Anissa Pagih). Mereka menyusuri Kawah Ijen hingga Bali dan tentunya terjebak ke dalam sebuah konspirasi berbau kriminalitas.

Naskah garapan Suryaman, Nicholas Raven dan juga Isman HS menyimpan setumpuk ide cerita formulaik dalam sebuah film bertema road trip. Sebut saja persahabatan, konspirasi, hingga perpecah belahan yang memaksa mereka terpisah sebelum akhirnya timbul kesadaran pada diri masing-masing. Saya tak keberatan akan hal itu asalkan pengemasannya sedemikian solid dan rapi. Namun, nyatanya Berangkat! tak serapi itu, didalamnya terdapat banyak materi yang memunculkan kebingungan untuk kemudian menyampaikannya.

Ya, Naya Anindita bak kelabakan membangun semua aspek yang berakhir pada sebuah kesan tanggung. Mulai dari persahabatan, konspirasi hingga konflik tak semuanya tersaji mulus, bahkan saya merasa perpindahan scene-nya begitu sangat kasar. Dialognya memang terdengar enak, namun tidak dengan sentuhan komedinya yang begitu garing. Ayushita Nugraha dan Ringgo Agus Rahman adalah pelakon yang tampil baik, sementara Tanta Ginting sebagai Gimbal cukup mencuri perhatian dengan penampilan dan sikapnya.

Komedinya berjalan random hingga diluar logika sekalipun, seperti pada saat adegan yang melibatkan Reza Nangin dan Martin Anugrah sebagai polisi yang turut ikut berbuat gila karena memakan telur racikan Gimbal. Momen ini adalah ajang para pemainnya berbuat liar, dan itu merupakan titik pencapaian yang baik kala semua aspek dilepaskan tanpa disendat maupun ditampilkan secara tanggung.

Hingga konklusi dadakan yang menyeret para pelakon utamanya pada sebuah tindak-tanduk kriminalitas yang juga memberikan layar yang terlampau singkat kepada Babe Cabita sebagai Joni Kampret, sang gerbong narkoba terlampau menggampangkan dan melucuti aspek yang sedari awal dibangun begitu singkat, berbagi kesulitan yang mereka hadapi terselesaikan begitu saja tanpa ada sebuah paparan terkait proses. Sangat disayangakan memang film yang memiliki sub judul Berangkat! sulit untuk berangkat dan bergerak ke arah yang lebih baik.

SCORE : 2/5

Posting Komentar

0 Komentar