Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

KONG: SKULL ISLAND (2017)

Ingatkah anda pada film King Kong (2005) yang dibintangi oleh Naomi Watts yang sangat fenomenal itu? memang film bergenre creature attack sangat mampu meraup angka fantastis lewat suguhannya, pasalnya ia mampu membuat sebuah cerita tentang monster itu kian menarik dengan amukan serta serangannya, cukup banyak film bertemakan creature attack yang sukses di era-nya, termasuk King Kong dan Godzilla, hendak mengulang kesuksesan tersebut lalu munculah sebuah film teranyar bertema monyet raksasa, Kong : Skull Island yang menggaet aktor dan aktris beken, so bagaimanakah hasilnya?

Di tahun 1973 kala perang Vietnam mendekati akhir, William Randa (John Goodman) dari organisasi Monarch yang punya misi mengungkap keberadaan makhluk langka (baca : monster) menemukan sebuah pulau bernama Skull Island yang disinyalir merupakan habitat dari banyak spesies langka yang misterius. Randa pun menginisiasi ekspedisi dengan bantuan skuadron militer Amerika di Vietnam yang dipimpin oleh Preston Packard (Samuel L. Jackson). Turut serta pula ex British Special Air Service, James Conard (Tom Hiddleston) selaku tracker dan fotografer jurnalistik yang anti perang Mason Weaver (Brie Larson).

Kong : Skull Island tak perlu waktu lama untuk menampilkan "sang raja monyet" , sang sutradara Jordan Vogt-Roberts rupanya menggunakan alur bergegas, dimulai dari kemunculan prolog, Kong langsung menyerang tim ekspedisi sebelum sampai setengah jam untuk pertama kalinya, Ya, termasuk adegan ketika anak buah Packard yang hilang, Chapman (Toby Kebbell) yang tengah membasuh dirinya di sungai dan langsung melihat wujud gamblang Kong secara detail, dan itu merupakan salah satu momen membelalakan mata dalam film. Memang jika ditilik dari segi naskah garapan John Gatins memang tak menawarkan cerita yang luar biasa, cerita memang layaknya film bertemakan creature attack umumnya yang mungkin terasa familiar di mata kamu, that's right, mulai dari ekspedisi, penyerangan habitat sang creature yang merupakan konflik awal, dan boom.....serangan serta amukan dari tokoh sentral kita, Kong.

Walaupun cerita bisa di bilang basi, Kong : Skull Island mampu menawarkan sebuah aksi suguhan dari "sang raja monyet" yang bisa di bilang berada di level maksimal, saya suka cara Roberts menampilkan para creature, ia tak hanya mengandalkan sisi badass sang creature sentral tapi ia juga mampu memasukan unsur monster lainnya yang tak kalah ganas dan membahayakan seperti monster berwujud kadal, gurita raksasa, pterosaurus, bahkan laba-laba sekalipun. Itu alasan yang membuat kenapa sisi action dari Kong terasa terimbangi dan berada pada level maksimal, saya suka bagaimana Roberts membawakan sisi Kong yang memang sebenarnya tak membahayakan dan itu yang membuat sisi badass Kong keluar, ya, tak lain adalah ulah manusia yang memang tak ada puasnya, itu juga dapat menjadi sebuah tonjokan bagi para pengganggu hewan serta tak lupa asal-usul suku yang mendiami Skull Island juga turut membantu sebagai sokongan penguat cerita.

Sangat disayangkan memang jika suguhan aksi dari Kong yang berada di level maksimal tadi tak ditunjangi dengan peran para tokoh yang memang berperan serta, para tokoh disini seperti halnya bumbu pelengkap dari sebuah mie instant, untungnya Tom Hiddleston dan pemenang Best Actress dari Oscar pada tahun kemarin, Brie Larson mampu menonjolkan sisi perannya, meski terlampau tak terlalu penting, terlalu banyak karakter di film ini justru bisa dibilang sedikit annoying, ya memang semua hanya sebagai calon mangsa sang Kong meski memang tak semuanya, dan aktris asal China, Jiang Tiang sebagai Sang Lin sangat disayangkan tak mampu tereksplor begitupun aktor Toby Kebbell yang juga mempunyai porsi sedikit.

Jika saya harus memilih antara Kong : Skull Island dengan pendahulunya King Kong (2005), saya lebih memilih King Kong (2005) yang memang masih diatas film ini, meski harus diakui suguhan aksi dimenangkan oleh Kong : Skull Island, tapi seandainya karakter di Kong : Skull Island mampu dieksplor, saya bisa saja memilih film ini.

SCORE : 3.5/5

Posting Komentar

0 Komentar