Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

DEAR ZINDAGI (2016)

"Kita adalah guru bagi diri kita sendiri di sekolah kehidupan" sepenggal kalimat yang diucapkan oleh Dr. Jug kepada Kaira. Menilik dari kalimat diatas memang kita adalah harapan serta acuan untuk diri kita sendiri, problema kehidupan, masa depan, asmara, serta jalan hidup kita ditentukan oleh diri kita sendiri, berhasil atau tidaknya kita, ditentukan oleh diri kita sendiri. Sutradara English Vinglish, Gauri Shinde mencoba peruntungannya dengan mengangkat premis tentang makna "kehidupan". Dear Zindagi ketika seorang remaja mulai terbangun dari tidur, dan mencoba mengenal arti kehidupan yang sebenarnya.

Kaira (Alia Bhatt) seorang gadis ,metropolitan yang berprofesi sebagai cinematographer, kehidupannya tak semanis apa yang ia tunjukkan kepada orang-orang, ia mempunyai berbagai problematik yang tidak mudah, mulai dari problemati dengan pacarnya hingga orang tuanya. Suatu hari seorang pemilik restoran bernama Sid (Angad Bedi) ingin menjalani hubungan serius dengannya (baca : melamar) namun ternyata harapan Sid tak semanis apa yang ia bayangkan, Kaira menolaknya dengan alasan sudah menjalin hubungan dan sudah bercinta dengan sang produser yang akan memberinya proyek syuting ke Amerika, Raghuvendra (Kunal Kapoor). Pahit harus ditelan oleh Kaira, sang produser sudah bertunangan, Kaira dilanda bencana yang begitu hebat, hingga ia menemukan Dr. Jehangir Khan atau yang kerap disapa Jug (Shah Rukh Khan) seorang psikater yang mencoba membimbingnya dan memecahkan permasalahan demi permasalahan yang Kaira derita,hingga ia menenukan apa mana hidup yang sebenarnya sekaligus menemukan jati dirinya serta membuka lembaran baru.

Memang premis yang bisa dibilang bukan baru, trik ini sering digunakan oleh filmmaker baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri, Gauri Shinde yang merangkap sebagai sutradara, penulis skenario serta produser bersama Gauri Khan dan Karan Johar cukup lihai mengartikan berbagai persepsi tentang kehidupan lewat secarik naskah yang ia torehkan begitu indah, Gauri memang tak setengah-setengah mengupas makna kehidupan, ia memasukan berbagai masalah seperti problem dengan orang tua dan asmaranya, tak tanggung-tanggung meskipun memasukan dua masalah, tapi Gauri menggarapnya begitu detail, ia memberikan sebuah rasa sakit yang menguras hati lewat karakter Kaira yang diperankan dengan sangat apik oleh Alia Bhatt, begitupun dengan karakter Dr. Jug yang dimainkan oleh sang Mega Star bollywood, Shah Rukh Khan yang penuh kharismatik, cool, dan puitis, dua karakter tersebut adalah magnet utama film ini, pemain yang lainnya tampil oke meskipun dalam porsi yang sedikit.
Mungkin tak semua kalangan akan suka dan sreg dengan film ini, dimana film ini mengangkat tema yang begitu berat, tentang kehidupan. Paruh awal Gauri menggarapnya dengan begitu lambat, mencoba mengenalkan karakter Kaira tentang kehidupannya serta masalahnya, mungkin tak sedikit dari kalian yang bergidik tak tahan dengan film ini atau tertidur lelap di depan layar, film yang tak biasanya, minus romance, tarian dan lagu dan yang ditampilkan full dialog yang berat tapi bermakna, dan disitulah kekuatan film ini. Bagi penonton yang cerdik pasti akan menyadari bahwa film ini begitu bermakna, mencoba mendeskripsikan apa makna hidup yang sebenarnya dan memberi penonton bekal untuk menjalani kehidupan, menonjok penonton dengan pesan moral yang kuat nan bermakna.

Overall, Dear Zindagi sebuah film berat yang mencoba memaparkan " What's the meaning of life" berjalan lambat namun melempar anda kedalam sebuah pelajaran yang begitu berharga.


Posting Komentar

0 Komentar