Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

THE PROFESSIONALS (2016)

I really like heist movie. Untuk ukuran film Indonesia, sajian sebuah heist movie bisa dibilang jarang, heist movie adalah salah satu genre favorit saya, dimana pada filmnya sendiri menciptakan sebuah gelaran taktik yang memukau yang mampu membuat saya menghela nafas sembari berujar "wow, crazy, what i have seen". "The Professionals" mungkin tak seperti judulnya, garapan sutradara "Negeri 5 Menara" dan "The Perfect House", Affandi Abdul Rachman gagal tatkala mencerminkan sebuah aksi taktis para profesional terlampau sederhana. Walau penggarapannya tergolong baik, terdapat kekurangan yang cukup fatal.

Abi (Fachri Albar) harus mendekam di penjara, kehilangan perusahaan dan ditinggalkan keluarganya setelah dijebak oleh rekan bisnisnya, Reza (Arifin Putra). Begitu bebas, ia segera membentuk sebuah tim beranggotakan Cokro (Lukman Sardi) seorang ahli mekanika analog, Ferry (Cornelio Sunny) sang hacker, Jo (Richard Kyle) yang jago bertarung, dan Sophie (Melayu Nicole) selaku getaway driver. Mereka semua punya satu kesamaan, yakni pernah dikhianati oleh Reza. Misinya yakni mencuri seluruh rahasia Reza, membongkar segala kekurangan guna menjatuhkannya.

Struktur yang dimiliki "The Professionals" mengikuti pola film heist berupa pengenalan karakter serta perekrutan, persentasi rencana, hingga penjalanan eksekusi yang kemudian ditutup dengan sebuah kejutan. Komposisi para karakter pun sama, terdiri dari protagonis yang keluarganya bermasalah (Abi) kanan tangannya (Cokro), ahli teknologi sekaligus sang comic relief (Ferry), otot dari tim (Joe) dan seprang female fatale (Sophie). Melayu Nicole sebenarnya punya potensi tersendiri, walau ia mesti belajar banyak dari Imelda Thertine supaya memiliki charm bukan hanya sebatas eye candy belaka. Sementara itu Cornelio Sunny tampil sebagai comic relief untuk pertama kalinya dan itu sukses mencuri spotlight, Lukman Sardi menyuntikkan bobot di dialognya sembari sekali bermain aksi komedi, menegaskan bahwa karakternya tak ingin tampil secara serius, Richard Kylie mungkin tak terlalu mendominas, tapi cukup berada pada perannya, sementara itu Arifin Putra mampu menjadi sosok yang menjengkelkan yang turut diperkuat engan visualisasi dari mimik mukanya, dan yang sangat disayangkan disini adalah kehadiran Fachri Albar yang terasa kurang mempesona untuk ukuran lead charachter of team, Fachri memang bukanlah aktor yang buruk, melainkan ia sendiri seperti seolah kekurangan charm. Naskah garapan Baskoro Adi Wuryanto dan Stella Gunawan memang tak memberi kesempatan yang cukup bagi Abi untuk bersinar, aktivitasnya hanyalah melihat layar laptop dan memainkan zippo miliknya, sesekali ia turut serta bersama team-nya melakukan sebuah aksi yang menawan, misalnya pembicaraan empat mata dengan Reza, namun charm yang ia punya tadi seolah dibatasi dan alhasil ia hanya bermain aman bak seorang raja yang hanya duduk dan memerintahkan para team-nya.
Kekurangan terbesar yang dimiliki oleh "The Professionals" sendiri ialah terletak pada misinya, kita selaku penonton tak pernah tahu detail terkait misinya selain atas alasan balas dendam, beberapa misi juga mampu dilewati bahkan tiga kali misi pun berjalan sesuai rencana dan brankas sendiri yang mempunyai tingkat kesulitan mampu dilewati, kurangnya perlawanan atas pihak dari Reza terasa minim, dan hanya bermain lewat sebuah misi yang sederhana namun terasa lacks selama 95 menit durasi bergulir, keberadaa twist diakhir memang ditujukan untuk mengikat penonton namun itu sendiri tampak tak signifikansi. Affandi memang menjalankannya cukup baik, ia pun tahu cara membuatnya semakin sulit, namun itu, film ini has a plot is less tricky and twisty.

Sesungguhnya "The Professionals'' layak diganjar sebagai film heist yang oke kalau bukan karena kurangnya signifikansi plot dan beberapa adegan yang terasa dumd and dumber misalnya terkait barang bukti berupa CCTV, serta tingkah kedua tim yang bertingkah bodoh yang membuatnya seperti lalai dalam berlogika sederhana yang juga turut menggelayuti sinema Indonesia dalam menghasilkan karyanya.


SCORE : 2.5/5

Posting Komentar

0 Komentar