Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

TE3N (2016)



Sejenak terpikiran, apa sebenarnya tujuan dari me-remake suatu karya, salah satunya film. Mungkin tujuan dari suatu film di remake karena hanya ingin mengulang kesuksesan film aslinya ataukah film tersebut layak dibuat versi terbaru. Ya, alasan itulah yang sering kali muncul. Ya, me-remake sebuah film pasti tidak akan lepas dari yang namanya perbandingan dengan film aslinya. Lalu bagaimana dengan film TE3N adaptasi dari film terpopuler di eranya, Montage (2013) arahan sutradara Ribhu Dasgupta?

Bercerita tentang John Biswas (Amitabh Bachchan) seorang kakek yang selalu mengunjungi kantor polisi dengan alasan dapat mengetahui apakah kasus 8 tahun yang lalu tentang kematian sang cucu, Angela. Namun, ternyata setiap kali dia mengunjungi kantor polisi, hasilnya tetap Nihil. John dengan sendirinya menguak kasus dibalik hilangnya sang cucu.
Hingga pada suatu hari, terjadi kasus serupa, hilangnya anak bernama Roonie, cucu dari Manohar Sinha (Sabyasachi Chakraborty). Ditugaslah sang polisi wanita, Sarita Sarkar (Vidya Balan) dan seorang mantan polisi yang menyelidi kasus Angela, dan kini menjadi seorang pendeta, Martin Das (Nawazuddin Siddiqui) untuk menyelidiki hilangnya sang anak, sekaligus menguak kasus yang sama terjadi pada Angela.
TE3N sebuah remake yang sebenarnya mempunyai peluang besar untuk menjadi sebuah sajian Thriller yang keren dan mumpuni, namun pada awal film ini sang sutradara sepertinya meraba-raba apa yang harus dilakukan film ini dan kemana seharusnya jalan film ini.
Ya, pada awal mungkin film ini terasa datar dan mencari apa sebenarnya jalan lurus film ini. Namun, untungnya, sang sutradara, Ribhu Dasgupta mampu mengubah itu semua menjadi sebuah Thriller yang mungkin sudah menjadi ciri khas film thriller, dengan memberikan sentuhan twist yang mungkin susah untuk dibilang baru, karna teknik ini sudah digunakan oleh Bejoy Nambiar, sutradara film Wazir yang mengangkat genre yang sama, dan tentunya dengan pemeran utama yang sama.
Ya, sulit untuk mengatakan film ini memberikan loncatan yang besar bagi sebuah film thriller, karna alur yang ditampilkan terkesan lamban, terutama eksekusi, namun film ini menurut saya meskipun sudah terkesan pasaran, namun film ini mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu akting Amitabh Bachchan yang membuat karakter John Biswas seolah nyata memang Big B adalah John, salut dengan kinerja Big B yang diusianya udah tak muda lagi, namun Big B membuktikan bahwa ia adalah aktor watak yang mumpuni dan memberikan sensasi yang berbeda dari setiap filmnya. Juga tak kalah keren dari sang senior, Nawazuddin Siddiqui juga tampil keren dan dapat menyaingi sang senior. Juga dengan Vidya Balan, yang tetep oke, namun terkesan overweight.

Film ini mungkin tak akan semua para bollylovers dapat menerima kekurangan film ini. Ya, film ini minim lagu dan hanya ada lagu sebagai background dan lokasi full di Callcutta. Ya, meman tak ada sedikitpun scene tari dari film ini, namun penonton yang cerdas akan menyukai film ini tanpa melihat sudut pandang kekurangan film ini.

Overall, TE3N sebuah sajian thriller yang terkesan pasaran, namun tetap menghibur.
 
SCORE : 3/5


Posting Komentar

0 Komentar