Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

PATRIOTS DAY (2016)

Setahun yang lalu Peter Berg membuat sebuah kelalaian yang dilakukan manusia yang dicap sebagai sebuah kejadian bencana terbesar yang pernah terjadi dan juga mengakibatkan kerugian dan juga merogoh kocek, that's right in Deepwater Horizon, yang ia lakukan begitu mumpuni lewat deskripsi layar tersebut. Kali ini, ia kembali dengan mengangkat sebuah "true story" tentang sebuah kasus terrorism tatkala terjadi pengeboman yang menelan harta benda dan juga korban jiwa disaat diadakan sebuah perlombaan Marathon di Boston. So, bagaimana dengan hasilnya? apakah ia akan kembali berhasil mengulang kesuksesan di film sebelumnya?

Pada tanggal 15 April 2013, Sergeant Tommy Saunders (Mark Wahlberg) ditugaskan untuk melakukan patroli di daerah sekitar garis finish di acara marathon di kota Boston. Perasaan tidak senang pada tugas yang ia terima itu ternyata merupakan pertanda awal dari sebuah 'bencana' yang menarik Saunders masuk ke dalamnya. Ketika massa sedang berkumpul tiba-tiba juga sebuah ledakan muncul, aksi yang kemudian dinyatakan oleh FBI Special agent Rick DesLauriers (Kevin Bacon) sebagai aksi terorisme. Berkat bantuan CCTV dua sosok yang dicurigai merupakan pelaku berhasil diidentifikasi, dan proses pemburuan pun dilakukan.

Peter Berg tetap mempertahankan eksistensi serta ciri khas-nya disini, yakni ia mampu membuat sebuah suspense thrill yang oke dan terus memuncak. Yang menarik disini kamu bukan hanya dibawa untuk mengamati fokus utama yang telah menjadi unsur sentral saja, tapi kamu juga turut diseret untuk melihat dan merasakan apa dampak yang dihasilkan dari peristiwa tersebut, script arahan ia sendiri yang kemudian disokong oleh script dari Matt Cook dan Joshua Zetumer memang memanfaatkan proses prosedurial sebagai jalan utama memang terasa solid dari awal, tak hanya itu saja thrill yang ia hasilkan tadi terus mengiringi jalan tasi dan membentuk sebuah point of view dari penonton untuk menghantarkan sebuah human spirit.

Apa yang ia lakukan di Deepwater Horizon kembali ia tumpahkan disini, masih menggunakan unsur dramatic yang kental bukan hanya sebuah keluarga saja, melainkan turut serta juga memadukan unsur massa yang memang tampil menarik disini, ia perlahan bermain dengan sebuah semangat yang tinggi dan boom.... menyerangnya kemudian dengan masalah yang bertubi-tubi tak ada henti. Saya suka bagaimana cara Berg lakukan disini ia berhasil membuat serangkaian kasus yang memang membuat sebuah dampak yang tak tanggung-tanggung dalam skala besar sekalipun, serangkaian kasus yang ia hasilkan dari sebuah konflik dasar tadi berhasil membuat sebuah ledakan yang memang tak hanya menyeret satu orang saja, melainkan semua perhatian dunia. Dari proses konflik awal bahkan proses investigasi hingga pemburuan pun terasa menarik sedari awal.

Minus kecil yang memang dilakukan oleh film ini adalah perpindahan tone yang memang terasa kasar dan kurang sreg, tapi itu semua tak mengganggu terlebih jika kamu terikat oleh situasi Tommy Saunders rasakan disini yang seolah terlihat ia mewakili beban serta memundak dampak apa yang terjadi di Boston yang berhasil ditampilkan sangat cemerlang oleh Mark Wahlberg, begitupun dengan Kevin Bacon dan John Goodman serta Alex Wolff yang berperan sebagai Dzhokhar dan Tamaerlan Tsarnez yang diperankan oleh Themo Melikidze yang sukses memerankan villain di suportting actor.

Durasi sebesar 133 menit mungkin sedikit mengganggu your time normal movie usually, tapi disini Peter Berg mampu membuat sebuah sajian terkait sebuah true story about terrorism yang memang tampil oke sedari awal, mampu membuat sebuah dampak yang begitu besar bukan hanya bermodalkan sebuah "kepanikan" belaka melainkan memang terasa intim serta dengan tunjangan profesional dari para pemain dan thrill dengan study charachter yang berhasil ditampilkan dengan baik.


SCORE : 4/5

Posting Komentar

0 Komentar