Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

LIVE BY NIGHT (2016)

Jika sebuah lontaran pertanyaan "seperti apa sebuah film yang dapat dikatakan bagus?" dan kemudian mengharuskan saya untuk menjawabnya, saya akan menjawab bahwa sebuah film yang dikatakan bagus adalah sebuah film yang mampu konsisten terhadap alur cerita, bukan berarti harus dengan materi baru, melainkan bagaimana film itu dapat mengeksplorasi ceritanya yang kemudian ditimpangi dengan tata seperti penyutradaraan, scoring, cinematoghraphy, serta aspek lainnya, itu adalah sebuah film yang menurut saya bagus terlepas dari apa variansi genre yang akan dibawanya. Live by Night, mungkin dari sekian banyak film yang ingin di labeli "bagus" dengan segala cara, trik, serta upayanya untuk menarik penonton.

Joe Coughlin (Ben Affleck) memang seorang pria baik, namun dari status good man itu ia kemudian masuk ke dalam bisnis kriminal. Dari bar hingga permainan poker, Joe merupakan seorang perampok bersenjata. Tapi menariknya, ia masih memegang prinsip moral untuk tidak membunuh siapapun. Joe tidak merasa ia merupakan seorang gangster, sehingga ia menolak bergabung dengan Italian mob dan juga Irish mob. Dari sanalah hadir berbagai masalah besar bagi Joe, termasuk yang terkait dengan seorang wanita yang bernama Emma Gould (Sienna Miller).

Sebenarnya sinopsis yang saya tuliskan diatas memang masih sebagian kecil dari apa yang terjadi di dalam cerita yang diadaptasi oleh Ben Affleck dari sebuah novel yang berjudul sama karya Dennis Lehane, kamu dapat melihat berbagai aksi dari pembunuhan, kemudian aksi penyelamatan polisi, kematian kemudian penjara, berbagai materi terkait sebuah film crime unjuk gigi disini untuk menciptakan sebuah pondasi cerita yang tidak hanya rumit saja melainkan unik untuk diikuti. Disini kita punya karakter Joe Coughlin yang diperankan oleh Ben Affleck yang telah mencapai sebuah pencapaian yang besar di "Argo" dengan sebuah kibasan aksi thriller yang memikat. Apakah itu terulang kembali? Awalnya memang sedikit terasa cheesy, tapi kamu akan digiring oleh karakter Joe disini yang akan mengajak kamu menikmati sebuah arena gangster untuk bermain.
Hasilnya? Memang terasa kompleks, disini Ben Affleck setelah mengajak kamu untuk introduce dengan cerita yang membuat kamu ketagihan akan momen yang akan selanjutnya terjadi, terdapat sebuah kesan terkait didalamnya misalnya terkait society , dan itu membuat penonton dibuat penasaran dengan karakter sekaligus terkait dengan konflik demikian. Ben Affleck memang membuat Live by Night kaya akan sebuah pesona, demikian pula itu terjadi pada karakternya namun menariknya itu semua tak mengurangi hasil over the top tadi, itu semua membuatnya terasa menjanjikan dan membuat Live by Night terasa seperti sebuah crime yang cukup oke untuk terus diamati. Namun sayang, setelah kamu perlahan mengamati durasi film yang berjalan, kamu akan sadar bahwa "potongan" yang kamu saksikan itu tak berhasil menyatu dan saling menyokong satu sama lain menjadi sebuah sajian yang padat dan solid, ia memang terasa manis diawal dengan sebuah sajian yang ia punya, namun setelah kemudian durasi bergulir semua itu terasa hilang begitu saja, apa yang telah dibangun oleh Ben Affleck tadi harus "miss" begitu saja, mulai dari koneksi dengan penonton hingga rasa tertarik penonton yang perlahan memudar, Berbicara mengenai ia punya yakni 129 menit mungkin terasa kuran untuk sebuah penceritaan yang memasukan terlalu banyaknya konflik, hingga mungkin seperti ini akibatnya, adegan kurang padu dan terasa berantakan.

Alhasil? apa yang penonton dapatkan setelah menonton film ini terasa membingungkan dengan sebuah film yang mula-mula berbicara mengenai crime kemudian menyeruak masuk untuk ke ranah lain seperti society dan proses healing, andai saja durasi dua kali lipat mungkin terasa oke, Ben Affleck mungkin sedikit berambisi untuk membuat sebuah film berpredikat "bagus" namun apa yang ia lakukan disini memang terasa berantakan, untung saja performanya cukup mencuri perhatian, namun sayang pemain lain seperti Elle Fanning, Chris Messina, Chris Cooper serta Sienna Miller terasa hilang pesona, mungkin diakibatkan oleh erita yang terlalu berambisi lewat durasi yang terlampau kurang? I don't know what, but Live by Night is a dissapointed movie.



SCORE : 2/5

Posting Komentar

0 Komentar