Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

MONEY MONSTER (2016)

Kenal dengan aktris cantik Jodie Foster? Yups, aktris cantik yang slalu tampil brilliant jika bermain di depan layar, ya, Jodie memang terkenal dengan aktris yang all out jika berakting di depan layar. Lalu bagaimana jika ia tampil di belakang layar? Apakah karyanya akan all out juga? Setelah men direct lewat dua film sebelumnya, Jodie Foster kini kembali lewat kaya ketiganya, Money Monster yang berkisah tentang praktek bisnis di Wall Street.

Lee Gates (George Clooney) adalah host "Money Monster" sebuah program televisi yang mencoba memandu penontonnya mengamati dunia perdagangan saham yang berada di bawah kontrol direktur bernama Patty Fenn (Julia Roberts). Suatu ketika seorang pemuda bernama Kyle Budwell (Jack O'Connell) menginvasi Money Monster, membawa pistol dan membawa Lee Gates untuk mengenakan rompi yang telah berisikan bahan peledak. Kyle kehilangan $ 60.000 pada saham IBIS Clear Capital yang telah disahkan oleh Lee Gates dan dicurigai terjadi akibat kesalahan sistem komputer. Kyle hanya ingin penjelasan tentang uangnya yang hilang tersebut menghasilkan proses yang ikut melibatkan aparat penegak hukum serta Diane Lester (Caltfonia Balfe), IBIS Chief.

Ditilik dari segi cerita, memang Money Monster mempunyai script yang cukup berani, dimana orang yang tak tahu apa-apa harus terlibat dalam sebuah masalah yang rumit, yang membahayakan nyawanya, serta keinginan sang direktur untuk menayangkannya secara live di televisi menjadi point tersendiri untuk film ini. Jodie Foster memang cukup cerdas memadukan sebuah action drama thriller yang bisa dibilang tak biasa, ya, memang cerita yang diusung cukup menarik untuk disaksikan, tak butuh waktu yang lama untuk basa-basi Jodie langsung memasangkan konflik di paruh awal film, tanpa banyak bacot pun penonton langsung disuguhi konflik utama film ini.

Di paruh awal memang terasa baik, Jodie mulai lihai membentuk konflik lengkap dengan emosi karakter yang akan membuat kita cukup bersimpati dan memberikan rasa empati pada karakter, namun sayang seribu sayang, simpati itu tak bertahan lama melengkapi karakter. Mulai pertengahan, Jodie rupanya mulai kehilangan pula dalam men-direct film ini, script yang tadinya kuat perlahan-lahan mulai jatuh, dan meninggalkan apa yang sudah dicapai film ini di paruh awal, Jodie mulai kehilangan eksistensinya untuk membawa kemana arah dan tujuan film ini, sehingga ia mulai meraba-raba film ini mencari arah yang lurus.

Akhirnya arah yang dipilih Jodie pun terpilih, bukannya memilih arah yan terbaik, Jodie hanya membuat pondasi film ini runtuh dan hancur begitu saja dengan sekali tendangan, penonton mulai kehilangan empati dan simpati pada karakter, bahkan thrill yang ditampilkan film ini pun tak sanggup mengambil hati penonton, ya, meskipun karakter utama di isi oleh aktor dan aktris watak sekaliber George Clooney dan Julia Roberts, namun akting mereka seakan mati kutu, tak dapat mengambil perhatian penonton lewat karakter yang dimainkannya. Lengkaplah sudah film ini menjadi kepingan yang tak berarti. Seandainya Jodie mampu mengambil jalan yang tepat untuk film ini, maka film ini tak akan bobrok begitu saja, dibalik script yang berani, namun Jodie tak mau mempertanggung jawabkan langkah yang ia ambil.

Overall, Money Monster, sebuah sajian drama thriller yang ternyata bukan kemasan drama thriller kelas monster.


SCORE : 2.5/5

Posting Komentar

0 Komentar