Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

MIDNIGHT SPECIAL (2016)

Seorang anak telah diculik, segera temukan karena dia merupakan anak yang berbahaya! Di tangan sutradara yang sedang visi tersebut bisa tampil seadanya, namun jika ditangan sutradara yang mampu mengolah visi menjadi sebuah potensi yang kuat maka akan menghasilkan sebuah karya yang kuat juga, sebuah persentasi penuh misteri yang menangkap atensi sejak awal hingga akhir, Midnight Special perlahan mengungkap sebuah konflik klasik dengan cara yang hangat dan kuat, sebuah provokasi yang kembut dengan balutan sebuah pertanyaan sederhana tentang seberapa jauh kamu akan berjuang untuk orang yang kamu kasihi, sayangi, dan cintai.

Seorang anak berusia delapan tahun bernama Alton (Jaeden Lieberher) dikabaran hilang, dan ternyata sang penculik adalah ayahnya sendiri, Roy (Michael Shannon), bersama sahabat masa kecil Roy, Lucas (Joel Edgerton). Tak lama kemudian, sang ibu, Sarah (Kristen Dunst), yang telah dua tahun tak melihat Alton berganung bersama Roy dan Lucas. Alton adalah anak "istimewa" yang ta hanya dapat membaca pikiran seseorang, namun matanya dapat menghasilkan sesuatu yang sangat berbahaya. Alton mengatakan bahwa ia harus berada disebuah titik tertentu atau spesial pada hari tertentu sehingga memaksa Roy, Lucas, serta Sarah untuk mewujudkan permintaannya tersebut dengan cara bersembunyi dari kejaran agen pemerintah, satu hal yang penting adalah sinar matahari.

Jika kamu bertanya apa sebenarnya keunggulan film ini? Midnight Special adalah sebuah sajian sci-fi yang lebih condong memutar premis yang misterius yang mencoba memvropokasi penontonnya, setelah kamu membaca sinopsis diatas, timbul pertanyaan sederhana terkait siapa sebenarnya Alton? Jeff Nichols disini tak menjawab dengan begitu cepat, ia bermain dengan penonton untuk mengungkap siapa sebenarnya Alton lewat sajian aksi petualangan di malam hari, mencoba bermain dengan penonton dan emudian mendapati bahwa sebenarnya ada sesuatu yang unik dari situ, perlahan Nichols membawa kamu untuk menemani karakter lengkap dengan pertanyaan yang haus akan sebuah jawaban yang ada pada diri kamu sendiri.

Seperti yang saya katakan tadi, Midnight Special cenderung ambigu, perhatian yang kamu berikan mungkin sama besarnya dengan keganjalan dan rasa ingin tahu terhadap karakter Alton, perlahan Nichols menuntun kamu masuk perlahan, namun semain kamu masuk, semakin besar pula rasa ambigu yang ditampilkan, namun semua itu tak lepas dari control Nichols sendiri, kisah hilangnya seorang anak bernama Alton ini mempunyai niat yang lebih besar dibalik tampilan liarnya tadi, dan menoba mengaja kamu untuk sedikit menanyakan pada diri kamu sejauh mana kamu akan berjuang untuk orang yang kamu cintai, sayangi dan kasihi. Midnight Special sejatinya begitu, bermain lewat ranah sci-fi dengan balutan family drama.

Hal yang paling menarik yang dilakukan oleh Nichols disini adalah ide sebagai orang tua berhasil dimainkan dengan penuh gejolak emosi yang mengikat dan memkat. Lalu apa sebenarnya kekurangan film ini? Midnight Special bisa diibaratkan ketika kamu pergi bersama teman atau keluarga ke sebuah tempat, misalnya taman, di perjalanan kamu memang bersama-sama namun ketika sampai tujuan kamu kemudian saling terpisah menjadi beberapa rute. Midnight Special bisa diartikan sebuah film yang mencoba menampilkan hubungan keluarga, namun ketika kamu fokus pada karakter Alton sendiri opini kamu mulai bermunculan terkait siapa dan apa keberadaan Alton sebenarnya, berbagai imajinasi pun kamu lakukan termasuk kaitannya denfan kiamat. Nichols memang perlahan bermain dengan sebuah ranah penculikan, namun makin kamu masuk ke dalam ternyata ia merambat pada sebuah kesan yang lebih besar, gelap dan ambigu, rute yang kamu pilih menjadi penentuan untuk kamu tentukan dan tafsirkan sendiri.

Ya, hasil dari akhir film tergantung bagaimana kita menyikapi bagaimana sebenarnya film ini, bagaimana kejelian kamu dalam memutar cerita dan teka-teki. Ditemani dengan sinematografi dan scoring yang memikat juga performa memukau dari para cast, Midnight Soecial mungkin tak terasa special untuk ukuran sci-fi tapi untuk ukuran sebuah drama keluarga terutama kamu jika menjadi orang tua adalah sebuah sajian yang memikat, bayangkan jika kamu menjadi orang tua suatu saat dan harus merelakan sang anak bertarung di kerasnya dunia mereka, Midnight Specil adalah sebuah sajian yang memikat, ambigu, dan mempesona sedari awal ia tampil.


SCORE : 4/5

Posting Komentar

0 Komentar