Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

REVIEW : HOME (2015)

                                                           "I do not fit in, it's fit out"
 
DreamWorks Animation sepertinya masih berusaha untuk menciptakan sebuah atensi dari penonton lewat karyanya, memang beberapa karyanya mungin saja dikenal seperti Shrek, Kung Fu Panda, How To Train Your Dragon, dan yang teranyar adalah Trolls. Memang karya yang ia tampilkan dikenal, tapi semua itu gampang sekali terlupakan, beda dengan pesaingnya Disney dan Pixar yang menghasilkan sebuah karya medioker yang basicly stuck in your head. Home apakah termasuk ke dalam jajaran itu?

The Boov harus merasakan dampak dari rasa takut mereka yang mudah datang, sehingga setiap kali musuh bebuyutan mereka yang bernama The Gorg menemukan tempat mereka bersembunyi, The Boov harus terpaksa melarikan diri menuju planet baru. Kali ini dibawah Komando Captain Smek (Steve Martin) mereka memilih bumi sebagai planet baru yang bukan hanya menjadi tempat persembunyian. Namun menariknya adalah masalah bagi The Boov tidak hanya datang dari lingkungan luar mereka saja, namun juga dari kaum mereka sendiri melalui salah satu Boov bernama Oh (Jim Parsons) yang melakukan kesalahan kecil tapi berakibat fatal.




Merangkum sebuah kalimat untuk film ini memang sangatlah mudah. Film animasi yang penuh akan warna-warni yang tida akan memberikan sebuah kejutan. Mengapa? karena sedari awal sendiri telah dipampangkan secara gamblang, yang kemudian turut untuk memasukan tokoh anak kecil berambut kriting bernama Tip (Rihanna). Home memang seperti tak diberikan sebuah ambisi dari DreamWorks, mencoba melemparkan sebuah lelucon konyol yang memang bukanlah sebuah hal tabu, dan itu yang membuat penonton mampu klik dengan cerita serta karakter dan tentu saja berakhir mengagumi mereka tanpa memberkan sebuah atensi terhadap mereka. Memang bagi penonton muda Home sendiri dapat bisa diterima, namun bagi penonton dewasa Home adalah sebuah film yang tak mempunyai kekuatan di segi cerita terlepas dari pesannya yang mungkin cukup mengajarkan tentang hal klasik seperti keluarga, persahabatan dan tentunya sebuah sikap keberanian dan tanggung jawab, dan itu setidaknya yang membuat Home tampak tak terasa kosong.





Masalah sebenarnya adalah Home sendiri bergerak datar tanpa adanya sebuah belokan yang cukup kuat, meski sedari awal memang tampil semacam memberi peringatan, Home sendiri berakhir sebagai sebuah film animasi yang tampak hambar, mengapa? memang dari naskah yang bisa dibilang "familiar" Home sendiri juga tak mampu membuat sebuah cerita nampak menarik, berjalan hanya seperti biasa tanpa adanya sebuah tikungan maupun ancaman yang kuat, alhasil semua itu hanya berujung pada sebuah konsekuensi yang memang cukup memprihatinkan ditengah jajaran pengisi suara yang memang bukan main dengan hadirnya dua diva penyanyi internasional yakni Rihanna dan Jennifer Lopez (berperan sebagai ibu Tip dan juga turut mengambil soundtrack film ini), untungnya jajaran ensemble cast itu cukup memikat, dengan hadirnya Jim Parson sebagai Oh tentunya dan dilengkapi dengan visualisasi yang cukup memanjakan mata. Terlepas dari semuanya Home memang bisa dibilang "failed" tapi Home cukup untuk menjadi sebuah popcorn movie yang hanya untuk sekedar hiburan saja tanpa memikirkan segi cerita dan teknis.


SCORE : 2.5/5

Posting Komentar

0 Komentar