Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

DEEPWATER HORIZON (20160

Menilik beberapa tahun ke belakang, manusia memang terampil dalam menciptakan kehebohan yang tak tanggung-tanggung dalam skala kecil, namun dalam skala besar sekalipun. Enam tahun yang lalu, salah satu kehebohan itu muncul dari Gulf of Mexico, ketika sebuah unit dari proyek pengeboran minyak bernama "Deepwater Horizon" yang menciptakan kekacauan sekaligus dilabeli sebagai "the largest environmental disaster in US History". Sutradara Hancock sekaligus Lone Survivor kembali mencoba menghadirkan serta menghidupkan kembali bencana tersebut lewat deskripsi ke sebuah layar. Deepwater Horizon, dari fosil untuk sang buah hati, birokrasi, hingga bertarung melawan api.

Mike Williams (Mark Wahlberg) merupakan seorang chief electrician yang bekerja di Deepwater Horizon, sebuah anjungan pengeboran minyak lepas pantai yang berlokasi di Gulf of Mexico, milik transocean dan disewakan kepada perusahaan minyak dan gas British Petroleum (BP). Pagi itu Mike bangun dan bersiap untuk menuju Deepwater Horizon dimana ia akan berpisah dengan sang istri, Felicia Williams (Kate Hudson) serta anak perempuan mereka yang selalu berharap agar Mike dapat membawa pulang sebuah fosil untuknya. Perjalanan Mike menuju Deepwater Horizon tampak lancar, namun bersama rekan kerja diantaranya Mr. Jimmy Harrell (Kurt Russell) dan Andrea Fleytas (Gina Rodriguez) mereka tiba di Deepwater Horizon dengan sebuah perasaan kurang nyaman, berasal dari cement bond log test, pengujian dan evaluasi integritas serta kekuatan dan kerja semen.

Anjungan yang berada di 41 miles dari lepas Pantai Louisiana dan melakukan proyek pengeboran sedalam 5000 kaki dibawah permukaan laut itu ternyata sedang berada dibawah tekanan. Performa mereka telah terhambat 43 hari dari jadwal yang dicanangkan serta telah over budget, dan dengan kondisi terus ditekan oleh pimpinannya di BP Site Manager Don Vidrine (John Malkovich) berupaya untuk membuat proyek terus berjalan agar cepat selesai dengan harga yang murah, cara yang ia gunakan adalah dengan mencoba "mengabaikan" kegagalan pressure test yang telah dilakukan meskipun telah mendapat peringatan dari Jimmy. Memiliki tameng yang lebih besar dibelakangnya membuat Don Vidrine memenangkan argument dengan Jimmy, namun aksi mengabaikan bahaya tersebut justru mengundang sebuah bencana besar untuk masuk kedalam Deepwater Horizon.

Serupa tapi tak sama dengan Sully, Deepwater Horizon mengangkat sebuah kisah nyata menjadi materi cerita yang biasa disebut Deepwater Horizon oil sipil, BP oil sipil, the BP oil disaster, maupun the Gulf of Mexico oil sipil, dan dianggap sebagai bencana lingkungan terbesar dalam sejarah USA. Peter Berg selaku sutradara berhasil menghadirkan sebuah aksi ceroboh yang menguras kocek dana BP $ 20 M menjadi sebuah aksi mengerikan on-site destruction yang terjadi pada tanggal 20 April 2010 silam seolah terulang kembali.

Peter Berg yang dibantu oleh sokongan naskah Matthew Michael Carnahan berhasil menampilkan sebuah awal yang manis dengan memasukan unsur keluarga dan kemudian masuk kedalam sebuah polemik pelik terkait hal teknis yang penuh gesekan antar pihak berwenang dan setelah itu hadir ledakan skala yang besar. Seperti layaknya botol soda yang tumpah diawal film, film ini berhasil menampilkan sebuah ledakan yang begitu dahsyat dimana akan berdampak terhadap lingkungan, kesehatan dan ekonomi. Saya suka cara Peter Berg membawa arah film ini ia perlahan santai, bermain di zona aman lalu boom membuat sebuah aksi ledakan yang dibalut berbagai konflik serta situasi meregang nyawa yang berhasil digarapnya secara mumpuni tanpa saling beradu satu sama lain. Juga yang paling keren adalah pada masing karakter ia masukan latar belakang tersendiri yang nantinya akan berdampak, mulai dari seorang ayah yang sayang dengan keluarganya sampai seseorang yang ingin menang sendiri, semuanya terkemas dalam sebuah bungkus yang intens.

Situasi dimana karakter dihadapkan pada sebuah situasi yang rumit, situasi "now or never" berhasil ditampilkan oleh jajaran cast yang mumpuni sebut saja Mark Wahlberg dan Gina Carano yang sukses membuat penonton mempunyai koneksi dengan mereka, serta merasakan apa yang mereka rasakan dan semua itu terasa lebih baik karena Peter Berg menunjangnya dengan script dan visual CGI yang keren, menampilkan sebuah kekacauan yang dibalut dengan aksi heroik yang awalnya pahit namun manis diujung, berbagai polemik pelik juga berhasil ia ciptakan dengan grafik daya tarik dan kesan intens yang meningkat.

Overall, Deepwater Horizon sebuah film yang memuaskan, dimana menampilkan sebuah kekacauan dengan polemik yang pelik dan dibalut dengan konflik serta aksi heroik yang memuaskan tentunya dengan bantuan directoring, script, scoring, serta sinematografi yang mumpuni.



SCORE : 4/5

Posting Komentar

0 Komentar