Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

REVIEW : ABCD (ANY BODY CAN DANCE) (2013)


Dance, musik, kelenturan tubuh, dan koreografi adalah 4 unsur klasik yang akan selalu ada dalam sebuah drama musikal dance, ya keempat elemen tersebut akan selalu ada dalam kegiatan yang dinamakan DANCE.

Mengangkat sebuah film musikal dengan memusatkan dance sebagai unsur utama, akan terasa pas jika didukung oleh naskah yang mumpuni, karna mengangkat sebuah musikal dance tanpa cerita yang jelas justru hanya akan membuat film ini terasa sebaliknya.

Berkisah tentang Vishnu (Prabhudeva) seorang pelatih dari dari JDC (Jehangir Dance Company) akademi tersebut didirikan oleh ia bersama temannya, Jehangir Khan (Kay Kay Menon). Suatu hari Vishnu tiba-tiba dipecat tanpa alasan yang jelas oleh Jehangir Khan. Kejadian itu membuat Vishnu terpukul dan memutuskan pergi ke kampung halamannya, tapi sang sahabat, Gopi (Ganesh Acharya) mencegahnya. Dikampung itu Vishnu melihat anak-anak yang berbakat dalam menari, ia pun bersama Gopi membentuk sebuah team tari DDR untuk mewakili mengikuti kompetisi Dance Dil Se. Ditengah problematika hidup dan tempat seadanya, Vishnu melatih muridnya yang terdiri dari Rocky (Salman Yusuff Khan), D (Dharmesh Yelande), Chandu (Punit Pathak), Shaina (Noorin Shah), Mayur (Mayuresh Wadkar) dan mantan anggota JDC yang keluar, Rhea (Lauren Gottlieb) serta pemain yang lainnya. Vishnu melatih para muridnya dengan penuh semangat dan kerja keras, namun sikap labil dan egois seringkali muncul dari para anggota, hingga suatu hari Vishnu mengundurkan diri karena merasa tak benar dalam mendidik, akankah Vishnu kembali? Lalu dapatkah team DDR mengikuti ajang Dance Dil Se melawan JDC, dan menjadi pemenang?
 

D =
Dance, urusan dance untuk film ini tak usah diragukan lagi, dance-dance yang ditampilkan memang luar biasa, pokoknya two thumbs up untuk dance film ini.

A = Awesome, luar biasa mungkin sangat pas untuk film ini, ya, film ini tak hanya menyuguhkan tari yang keren, namun konflik yang ditampilkan juga memang kuat.

N = New, mungkin kesan "baru" memang tak pantas untuk film ini, sudah banyak film yang mengangkat tema yang sama dengan film ini, termasuk bollywood. Tapi, setidaknya film ini mempunyai ciri khas, meskipun tak terbilang baru.

C = Confidence, ya urusan akting untuk film ini memang confidence, tapi beberapa scene mungkin terkesan unconfidence dipertengahan dengan adanya keganjilan.

E = Expression, ya, film ini mampu mengekspresikanbagaimana kita dalam keadaan terpuruk, namun kita harus tetap melawan keadaan itu. Dan lewat film ini juga mengajarkan kita bahwa setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya.
 

ABCD sebuah sajian dance musikal yang bisa berdiri sendiri, ya, walaupun film ini tak di mainkan oleh aktor sekaliber Shah Rukh Khan, tapi film ini mampu mengaduk perasaan penonton dengan konflik yang di tampilkan.

Remo D'souza mungkin lihai dan pandai menempatkan apa yang seharusnya dilakukan film ini. Ya, Remo memperlihatkan bagaimana perjuangan para penari dalam mendapatkan predikat juara dengan baik, namun tetap menjaga budaya khas india di balik koreografernya yang moderen. Misalnya mengangkat tema upacara Ganpati.

Namun, entah kenapa film ini mulai kedodoran menjelang ending, meskipun naskah dan penggarapan awal sudah baik.

Overall, ABCD sajian dance musikal yang asik dengan naskah yang mumpuni.
 
SCORE : 4/5

Posting Komentar

0 Komentar