Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

TRAFFIC (2016)


Sebuah film dikatakan berhasil jika sebuah film mampu memberikan sebuah cerita yang baru, mampu mengikat atensi penonton di balik sebuah premis nya yang sederhana. Lalu bagaimanakah jika sebuah film yang menggambarkan sebuah penyelamatan "nyawa" di balik macetnya lalu lintas? Rajesh Pillai mencoba kemampuannya dengan memanfaatkan ruang lingkup sempit nan simple di sebuah jalan raya menuju rumah sakit menjadi sebuah neraka yang mematikan. Traffic, the road trip thriller with the simple taste but has a hardest way.

Seorang superstar, Dev Kapoor (Prosenjit Chatterjee) mendapati sebuah masalah besar ketika anak semata wayangnya mengalami sakit keras dan membutuhkan transplantasi jantung, di lai pihak terjadi sebuah insiden kecelakaan yang menimpa seorang jurnalis bernama Reyhan (Vishal Singh) yang menyebabkan dirinya meninggal dan orang tuanya menyetujui untuk mendonorkan jantung sang anak, sayangnya kendala jarak antara Pune-Mumbai yang jauh dan transplantasi harus segera dilakukan dalam waktu 150 menit. Akhirnya jantung pun dikirim lewat jalur darat karna jalur udara mengalami masalah. Dibawah komando kepala polisi lalu lintas Mumbai, Garbir Singh (Jimmy Shergill) misipun dimulai dan akhirnya Godbole (Manoj Bajpayee) seorang polisi lalu lintas yang diskors karna kasus suap menerimanya demi membersihkan nama baiknya. Dapatkah misi itu berhasil dibalik Jarak antara Pune-Mumbai 15Km dengan kondisi lalu lintas yang macet dan penuh kendala? Akankah nyawa seorang anak superstar itu terselamatkan?

Memang tak mudah membuat sajian road trip thriller yang nyatanya mempunyai waktu yang singkat (baca : 150 menit) digarap dalam sebuah film, sang sutradara harus mampu memanfaatkan sektor tadi menjadi sebuah film yang menarik serta dapat mengikat atensi penonton di tengah ruang lingkup yang sempit. Untungnya Rajesh Pillai berhasil menggarapnya menjadi sebuah perjalanan yang menegangkan dalam balutan "now or never" atau "dead or alive".

Pillai berhasil membuat sebuah road trip thriller yang mampu mengikat atensi penonton dengan memberi penonton koneksi dengan pemain, penonton seolah-olah terlibat dalam situasi yang menegangkan, dan memberi ruang untuk penonton bagaimana jika penonton merasakan apa yang karakter rasakan.

Selain itu film ini mempunyai karakter yang cukup banyak, karakter mempunyai peran masing-masing dan akan bertemu pada satu dimensi penting yang mengakibatkan semua karakter ikut andil. Yang saya suka adalah Pillai mampu memanfaatkan karakter sesuai porsinya tanpa ada tabrakan ataupun kurangnya porsi dari masing-masing penonton.

Pillai juga tak lupa menyelipkan sebuah pesan tersendiri bagi film yang dapat membangun dan membangkitkan semangat penonton. Pillai menerangkan bahwa setiap masalah pasti akan ada jalan keluarnya serta menuntut kita bahwa kesempatan kedua itu ada, jika kita ingin memperbaikinya.Begitu sulitnya menegakkan kebenaran, se-sulit apapun yang namanya kebenaran, pasti yang namanya kebenaran akan menang.

Film yang diadaptasi dari film malayalam dan terinspirasi oleh kehidupan nyata ini adalah salah satu masterpiece yang pernah di buat negeri seribu dewa ini, sebuah sajian road trip thriller yang mampu mengikat atensi penonton di balik premis yang sederhana. Sebuah sajian terbaik yang di buat bollywood.


SCORE : 4/5

Posting Komentar

0 Komentar