Tab

Ticker

6/recent/ticker-posts

HACKSAW RIDGE (2016)

Mungkin kehadirannya tak terlalu mendominasi di bangku sutradara, namun itu semua sangat sulit untuk menempatkannya di bawah standar, ia memang selalu memberikan sebuah karya yang challenging begitupun dengan passion yang ia miliki. Ya, itulah Mel Gibson, aktor kenamaan yang kemudian merangkap sebagai seorang sutradara, yang kini kembali lewat karya teranyar-nya bertajuk Hacksaw Ridge yang mengangkat sebuah tema berlatar peperangan sekaligus character study yang always to be learn how to positive thinking.

Tak seperti keluarga pada umumnya yang selalu mengajarkan kasih sayang di antara sesama anggota keluarganya, Desmond T. Doss (Andrew Garfield) tumbuh besar di bawah sistem "militer" yang diajarkan oleh sang ayah, Tom Doss (Hugo Weaving) bersama dengan saudaranya yang saling adu fisik dan kekerasan telah menjadi hal yang sangat lumrah bagi mereka. Desmond sendiri tak terlalu menyukai sang ayah yang alcoholic itu, tak heran ketika saudaranya Harold (Nathaniel Buzolic) ditentang sang ayah ketika mendaftar untuk ikut berperang pada World War II, Desmond juga tak takut untuk melakukan hal yang sama ketika panggilan hati untuk membela negaranya itu muncul. Namun usaha Desmond itu tak berjalan dengan mudah.

Meninggalkan sang kekasih, Dorothy Schutte (Teresa Palmer) Desmond menjalani berbagai test yang dipimpin oleh Sergeant Howell (Vince Vaughn) dan Captain Glover (Sam Worthington). Dinding besar kemudian menghadang Desmond ketika ia menolak melakukan test yang menggunakan senjata. Desmond merasa permintaannya tersebut telah disepakati ketika ia mendaftar untuk ikut menjadi bagian dari militer namun tidak dengan Tentara yang mencoba untuk menyingkirkan Desmond. Ujian tersebut tidak hanya Desmond temukan pada tahap persiapan, namun juga ketika ia menjadi bagian dari pasukan yang dikirim ke Okinawa untuk mengambil alih Jepang pada sebuah bukit yang dijuluki Hacksaw Ridge.

Memang seperi yang saya utarakan tadi, Mel Gibson memang tak terlalu mendominasi di ranah bangku sutradara, namun dalam setiap karyanya selalu membawa ciri khas tentang sebuah faith yang kemudian berujung challenging, dan tak sedikit penonton yang ikut larut dalam sebuah karya yang ia buat, dan seperti di Hacksaw Ridge ini ia kembali dengan ciri khas nya yang begitu kental dengan memadukan sebuah pesan kasih sayang serta bagaimana untuk berpikir positif di tengah apa yang terjadi pada diri kita, sekalipun itu adalah sebuah masalah yang bisa di bilang memang berat.
Memang terdapat sebuah pesan yang begitu penting yang muncul sedari awal film ini berjalan, ya dapat kita lihat dari karakter Desmond sendiri yang begitu teguh dengan keyakinan yang ia miliki meskipun berbagai hinaan serta cacian menimpanya, ia selalu berpikir positif, hal itu memang pantas untuk kita jadikan suri tauladan yang dapat kita terapkan pada kehidupan kita, hal yang mungkin sepele namun penerapannya sangat susah, dan itu berhasil di tampilkan oleh baik oleh Gibson disini, kesan menggurui begitu sampai ke telinga penonton. Tak hanya itu saja, Gibson juga kerap menjadikan karakter Desmond yang begitu atraktif dan sangat peduli terhadap sesama dan negara, terbukti ketika Desmond berada dalam sebuah medan perang yang kerap muncul menghalanginya.

Mel Gibson berhasil juga melakukan sebuah isu dengan contect "true story" yang dapat menyentil pikiran penonton tanpa menciptakan sebuah perdebatan yang tak sehat. Hacksaw Ridge memang bukanlah sebuah film horor , namun acap kali moment horor kita lihat disini, dari yang bersifat internal, misalnya keyakinan, maupun yang bersifat eksternal sekalipun. Logikanya dapat kita lihat di film ini seperti penggunaan senjata yang menjadi perdebatan bagi Desmond, senjata memang bagian penting dalam sebuah peperangan, namun yang dilakukan Desmond yakni sebaliknya, Gibson tetap menyelipkan sebuah kesan yang kuat, dan disini ia menyelipkan sebuah pesan everything is possible with the great commitment. Hacksaw Ridge meman terasa challenging dari awal, bukan hanya sebatas film perang yang menampilkan sebuah ledakan, desingan peluru, darah, dan mayat hingga teriakan sekaligus tapi Hacksaw Ridge merupakan sebuah pertempuran batin bagi Desmond dan karakter sekaligus.

Hacksaw Ridge merupakan sebuah survival and heroism story yang menjadi film yang mungkin akan selalu teringat oleh kita yang menjadi sebuah kemenangan bagi USA yang mengalahkan Jepang, tetapi mengingatkan kita pada keyakinan yang Desmond miliki, bahwa kemenangan it's not killing, but saving lives. Memang terkesan klise, tapi naskah yang ditulis oleh Andrew Knight dan Robert Schenkkan berdasarkan kisah dari Desmond Doss itu menampilkan sebuah kisah kasih sayang yang dapat memberikan sebuah warm embrace bagi penontonnya. Tak hanya itu saja moment dramatisasi juga dilakukan Gibson dengan baik dan sweet lewat performa karakternya sendiri.

Overall, Hacksaw Ridge merupakan sebuah film yang sangat memuaskan, bukan karena menampilkan sebuah kisah survival maupun heroism, tapi karena kesan humanity yang begitu kuat dan kental, yang menjadikan film ini dapat stand out dengan ciri khasnya. It's so amazing.


SCORE : 4.5/5

Posting Komentar

0 Komentar